3 Hal Yang Harus Anda Hindari Ketika Mengkonsumsi Daging Qurban

3 Hal Yang Harus Anda Hindari Ketika Mengkonsumsi Daging Qurban – Idul Adha adalah momen yang menggembirakan bagi seluruh umat islam di dunia. Pada momen ini berjuta-juta umat islam di seluruh dunia memperingatinya dengan cara yang sama, yaitu melakukan ritual penyembelihan hewan qurban sebagai simbol dari filosofi pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan anaknya, Nabi Ismail AS. Dan tentu saja, pada momen ini, daging menjadi barang yang melimpah ruah. Banyak cara yang dilakukan orang untuk mengolahnya, mulai dari memasaknya dengan bumbu gule hingga memngolahnya menjadi sate. Tetapi yang harus diingat, daging qurban yang melimpah ini juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan anda jika anda terlampau asyik menyantapnya tanpa memikirkan efek sampingnya. Setidaknya ada 4 hal yang harus anda waspadai ketika menyantap daging qurban. Berikut di antaranya:

daging qurban
1. Jangan minum air es
Usahakan ketika sedang mengkonsumsi daging qurban, jangan minum air es. Karena, kandungan lemak pada daging akan sulit dilebur dan dibakar jika terkena air es. Sehingga lemak yang sudah menggumpal dalam saluran pencernaan menjadi beku. Ini menjadi berbahaya karena akan mengakibatkan anda rentan terkena kolestrol

Advertisement

2. Jangan terlalu sering tidur
Daging qurban pasti banyak mengandung lemak, baik yang jahat maupun yang baik. Yang harus anda waspadai adalah aktivitas anda setelah mengkonsumsi daging qurban. Usahakan jangan langsung tidur atau banyak tidur setelah mengkonsumsi daging qurban karena ini akan menghambat pembakaran lemak. Upayakan untuk melakukan gerak tubuh yang bisa menghasilkan keringat.

3. Jangan makan daging terlalu banyak
Tentu saja apapun yang berlebihan akan menimbulkan dampak negatif, ini sudah berulangkali diisyaratkan dalam ajaran agama. Tak terkecuali jika anda berlebihan mengkonsumsi daging qurban. Akibatnya, lemak yang menumpuk dan tak sempat dibakar menjadi energi pada akhirnya malah bisa menjadi cikal bakal penyakit kolestrol. Jadi, makanlah secukupnya, jangan terlena dengan jumlah daging yang melimpah.

4. Jangan mengkonsumsi daging dalam keadaan kurang matang
Meskipun sebelumnya hewan yang akan disembelih sudah mendapatkan sertifikat layak konsumsi dari Dinas Peternakkan, sebaiknya anda tetap waspada. Karena tanpa disadari daging qurban juga bisa mengandung bakteri atau kuman berbahaya. Jadi, usahakan anda memasaknya dalam suhu panas maksimal agar bakteri atau kuman berbahaya bisa musnah.

Sekian ulasan perihal daging qurban. Anda bisa mewaspadai 4 hal tersebut sembari menikmati daging qurban. Selamat mencoba dan menikmati daging qurban!

TAG

kebanyakan makan dacgng,kebanyakan makan daging

LINK SPONSOR

loading...

Artikel Terkait

3 Hal Yang Harus Anda Hindari Ketika Mengkonsumsi Daging Qurban | Rakhmad Hidayattullah | 4.5