Cara Mengatasi Dan Mencegah Ruam Popok Pada Bayi

5 Cara Mudah Atasi Ruam Popok – Hello Bunda, pernah gak sih anda pusing karena kesulitan menghadapi ruam popok yang dialami oleh bayi. Pasti rasanya sangat sedih ya Bun. Yap, nappy rash atau yang biasa kita sebut ruam popok adalah kondisi dimana area di sekitar bawah pusar bayi yang ditutupi popok akan terlihat kemerahan bahkan tak jarang menimbulkan lecet. Tentu hal ini sangat membuat bayi tidak nyaman. Mereka akan sering rewel karenamerasakan sakit dibagian tersebut. Pasti para ibu tidak ingin hal tersebut menimpa bayinya. Karena itulah, cintamela.com akan berbagi pada kalian semua mengenai cara mencegah terjadinya ruam popok pada bayi. Penasaran? Yuk kita simak bersama – sama.

1. Sering – sering mengganti popok

Gantilah popok bayi ketika sudah kotor. Jangan menunda – nunda pekerjaan ini karena kulit bayi adalah kulit yang masih sangat sensitif terhadap sesuatu yang menempel ditubuhnya. Karena itulah, dengan segera mengganti popok bayi, bayi akan merasa lebih nyaman dan ruam popokpun dapat dihindari.

Advertisement

ruam popok adalah penyakit

2. Bersihkan dengan air mengalir

ketika kalian hendak mengganti popok yang sudah terpakai dengan popok yang masih baru, jangan lupa untuk membersihkan area yang tertutupi popok dengan air yang mengalir. Air yang mengalir dapat menyegarkan kulit bayi sehingga ruam popok dapat dihindari. Selain itu, air mengalir juga berguna untuk menghindarkan resiko infeksi saluran kemih pada bayi.

3. Selektif memilih popok

Dipasaran, terdapat berbagai merk popok yang memiliki keunggulan masing – masing. Sebelum kalian membeli popok dalam jumlah yang besar, sebaiknya kalian pastikan dulu apakah popok yang kalian beli cocok dengan kulit sang bayi. Karena, jika popok tidak cocok, ruam popok akan mengancam kesehatan sang bayi.

4. Hindari bedak

Banyak ibu yang memakaikan bedak di wilayah yang akan ditutup popok. Hal ini sangat tidak dianjurkan karena bedak memiliki struktur yang sangat lembut yang dapat menyumbat kemaluan bayi. Apalagi kalau bedak tersebut bercampur dengan pipis dan kotoran si kecil, wah kalau sudah begitu bayi tidak hanya akan terkena ruam popok, namun juga terkena iritasi.

5. Hindari tisu basah

Banyak orang tua yang kurang memperhatikan tisu basah yang mereka gunakan untuk membersihkan daerah yang tertutupi oleh popok. Alhasil, bayi mereka mengalami ruam popok yang serius. Hal tersebut terjadi lantaran tisu basah yang mereka pakai mengandung alkohol dan parfum. Alkohol dan parfum tidak baik untuk kulit bayi di area yang tertutupi oleh popok.

Baca juga ini bunda: Tips Cara Menjaga Anak Agar Tidak Mudah sakit

Nah itulah 5 cara menghindari ruam popok pada bayi. Mudah bukan? Intinya selalu jaga kebersihan bayi agar ia tetap sehat. Jika sudah terlanjur terjadi, Bunda bisa mengatasinya dengan mencoba mengganti merk popok semula dengan merk popok lain.

TAG

obat ruam popok tradisional,cara mengatasi ruam popok,ruam popok,obat ruam popok,cara mengobati ruam popok,mengatasi ruam popok,obat ruam popok pada bayi,cara mengatasi ruam popok pada bayi,cara mengobati ruam popok pada bayi baru lahir,cara mengobati ruam popok pada bayi

LINK SPONSOR

loading...

Artikel Terkait

Cara Mengatasi Dan Mencegah Ruam Popok Pada Bayi | Balqish Annur Qaishah | 4.5