Cara Mengetahui Tanda-Tanda Penyakit Lupus

ciri-ciri dan gejala penyakit lupus – Hai ladies …. jumpa lagi dengan cintamela.com. Kali ini cintamela.com akan membahas tentang lupus. Apa itu lupus? Mungkin sebagian besar dari kalian masih kurang mengerti tentang penyakit lupus. Langsung saja deh saya kasih tau. Lupus adalah suatu penyakit berbahaya yang dapat menimbulkan peradangan pada organ ginjal. Salah satu tanda seseorang menderita penyakit ini adalah rasa nyeri yang tak kunjung hilang di sekitar persendian.

Lanjut… peradangan pada organ ginjal yang diakibatkan oleh penyakit lupus disebut lupus nephritis. Kata nephritis disini menjelaskan bahwa peradangan yang terjadi pada organ ginjal terletak tepatnya di nefron ginjal. Nefron pada ginjal berguna untuk proses filtrasi darah. Darah akan disaring oleh nefron kemudian hasil kotoran dari penyaringan darah akan dialirkan keluar dari tubuh melalui urine. Melihat fungsi nefron yang sangat penting, tak heran jika peradangan pada nefron dapat mengganggu kesehatan tubuh. Yap…. jika nefron tidak normal, jelas penyaringan darah juga tidak akan berjalan dengan baik. Akhirnya, zat sisa dari penyaringan ini tidak bisa dibuang melalui urine. Zat sisa tersebut akan membentuk endapan dan endapan tersebut akan diedarkan kembali oleh darah ke seluruh tubuh.

Advertisement

gejala penyakit lupus

Jika endapan sudah sangat menumpuk, tubuh penderita lupus nephritis akan menjadi bengkak. Jika kejadian ini tidak segera diatasi, kerusakan ginjal secara permanen tidak dapat dihindari lagi. Meskipun masih memiliki satu ginjal lain yang normal, namun kinerja satu ginjal ditubuh manusia tidak akan maksimal seperti kinerja 2 ginjal.

Lalu, apa yang harus dilakukan oleh penderita yang telah mengalami kerusakan permanen?
Penderita lupus yang memiliki satu ginjal dapat melakukan 2 hal agar mampu bertahan hidup. Hal yang pertama adalah dengan adanya transplan ginjal dan yang kedua adalah melakukan cuci darah secara rutin.

Penyakit lupus sendiri merupakan jenis penyakit yang sangat sulit dideteksi oleh dokter sekalipun. Hal ini disebabkan oleh gejala penyakit lupus hampir sama dengan gejala penyakit lain. Lalu bagaimana kita dapat mengetahui adanya penyakit ini ditubuh manusia? Padahal, penanganan yang cepat dan tepat-kan harus segera dilakukan?

Lalu bagaimana untuk mengetahui gejala dan cara mengatasi penyakit lupus?

Cara untuk mengetahui penyakit ini adalah dengan melakukan tes darah secara rutin dalam jangka waktu tertentu. Selain itu rekan jejak medis juga bisa dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya penyakit ini ditubuh seseorang. Kedua cara tersebut akan memerlukan tenaga dari dokter dibidang lain untuk dapat membantu mendeteksi penyakit ini. Waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui keberadaan penyakit ini pun tidak bisa dilakukan dalam hitungan minggu atau bulan. dokter akan bisa mengetahui keberadaan penyakit lupus dalam jangka waktu bertahun – tahun. Dan selama bertahun – tahun itulah anda harus melakukan tes darah sebagai bahan penelitian para dokter.

Baca juga ini : Penyebab Dan Tips Mengobati Sakit Maag secara Alami

Sangat menakutkan ya ladies? Karena ituah, kalian harus sering memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan tubuh anda selalu dalam keadaan sehat. Sekian dulu tips mengetahui gejala dan ciri-ciri penyakit lupus. semoga bermanfaat ya.. bye bye..

TAG

tanda 2 penyakit sle,tanda tanda lupus,tanda tanda orang sakit lupus,tanda2 lupus,tes untuk mengetahui penyakit lupus

LINK SPONSOR

loading...

Artikel Terkait

Cara Mengetahui Tanda-Tanda Penyakit Lupus | Balqish Annur Qaishah | 4.5