Ini Dampak Buruknya Jika Sering Memuji Anak

cintamela.com – Setiap orang tua kadang kala selalu memberikan pujian pada anaknya dengan tujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak. Tapi ketahui, menurut penelitian baru-baru ini mengungkap sebuah fakta, jika seorang tua terlalu sering memuji anak justru tidak baik bagi tumbuh kembangnya.

Universitas inggris, Amerika dan Belanda telah melakukan penelitian tersebut dan menemukan fakta jika sering memuji anak yang pemalu atau memiliki kepercayaan diri yang rendah malah membuat anak itu tertekan, sehingga anak akan berpikir harus tampil lebih baik yang akhirnya anak menghindari atau takut dengan tantangan yang akan membuatnya sulit berkembang. Penelitian ini dilakukan terhadap 240 anak perempuan dan laki-laki dari usia delapan sampai dua belas tahun. Untuk menilai kepercayaan diri mereka, mereka diberikan sekitar 12 pertanyaan. Lalu semua peserta diminta meniru sebuah gambar

Sebelum dilakukan tes. kelompok anak yang tidak percaya diri atau pemalu diberikan pujian secara berlebihan. Dan anak yang punya kepercayaan diri juga diberi pujian tapi dengan skala biasa saja.

Advertisement

Lalu sebuah gambar dengan kesulitan berbeda diberikan para peserta untuk menirunya, Dari mulai gambar yang mudah, sedang sampai gambar yang sulit. Dan hasilnya kelompok anak yang tidak punya kepercayaan diri atau pemalu yang telah diberi pujian secara berlebihan sebelumnya, lebih memilih gambar yang mudah untuk ditirunya.

Sedangkan gambar yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi lebih banyak dipilih oleh anak yang punya percaya diri dan sebelumnya mereka hanya mendapatkan sedikit pujian. Dengan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sering memberikan pujian pada anak dengan berlebihan tidak akan efektif untuk perkembangan anak dan kemampuannya.

“kalau Anda berbicara pada anak yang pemalu bahwa mereka teah berbuat hal yang sangat baik bahkan sangat bagus, maka yang dipikirkan anak Anda adalah bagaiamana mengerjakan sesuatu sebagus mungkin dan bagaimana orang tua harus kagum pada dirinya” jelas Eddie Brummeman, salah satu seorang peneliti.

Justru hal ini akan menyebabkan anak tidak berani mengambil pelajaran yang diatas standar rata-rata, dan lebih memilih mengerjakan yang mudah. Padahal tantangan yang lebih sulit untuk anak sangat diperlukan agar kemampuan teknis dan emosional pada anak mengalami peningkatan.

TAG

akibat buruk memberikan pujian pada anak,akibat terlalu sering memuji anak,sering menyanjung anak nya berlebihan,telalu banyak memuji anak

LINK SPONSOR

loading...

Artikel Terkait

Ini Dampak Buruknya Jika Sering Memuji Anak | Balqish Annur Qaishah | 4.5

Leave a Reply