Khasiat dan Manfaat Daun Ceri Untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Daun Ceri Untuk Kesehatan – Selain untuk mengobati diabetes, manfaat daun ceri lainnya yaitu: penurun hipertensi, antidiabetes, atasi asam urat, dan mengontrol kolesterol. Tak hanya daunnya saja yang bermanfaat untuk pengobatan, buahnya yang berasa manis seperti ada pasir saat dikunyah itu bisa untuk mengobati asam urat. Adanya khasiat pengobatan dan kesehatan tersebut berkat kandungan zat-zat seperti tannin, flavonoid, dan saponin. Selain itu tekrandung pula karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Potensi sebagai obat tinggi, karena daun ceria tau kersen (Muntingia calabura) bersifat antitumor, antiseptic, antiinflamasi, dan antiradang. Untuk mengkonsumsinya bisa dengan cara direbus atau dibuat seduhan.

manfaat daun ceri

Manfaat Daun Ceri Untuk Kesehatan

Berikut ini manfaat daun ceria tau kersen (Muntingia calabura)

  1. Penurun kadar gula penderita diabetes

Daun ceri atau kersen sudah lama diketahui sebagai penyembuh penyakit diabetes. Hal ini karena daunnya mengandung senyawa dari kelompok flavonoid dan saponin. Kedua kelompok senyawa tersebut bersifat antioksidan yang berperan mensekresi hormon insulin yang dibutuhkan untuk proses metabolisme gula dalam darah.

Advertisement

Caranya, ambil 50-100 gram daun kersen, lalu dicuci bersih dan direbus dengan air sebanyak 1 liter sampai mendidih dan hanya tersisa setengahnya. Air rebusan ini diminum sebanyak dua kali sehari. Bila memakai ekstrak daun ceri kering, ambil 2-5 gram saja, lalu diseduh dengan air sebanyak 200 ml.

  1. Pelindung fungsi otot jantung

Adanya pengalaman dari beberapa orang yang memakai bahan daun kersen atau ceri untuk jantung, ternyata hasilnya kerja jantung lebih baik. Otot-otot jantung bergerak aktif secara normal. Hanya saja, dosis berapa daun yang efektif belum diketahui pasti.

  1. Obat hipertensi

Meminum seduhan daun ceri bisa menurunkan tekanan darah. Caranya, ambil daun kersen secukupnya, lalu dijemur sampai kering. Daun kersen kering ini diseduh dengan air panas dengan takaran satu gelas kecil. Biarkan beberapa saat sampai air dalam gelas berwarna seperti air teh. Air seduhan ini diminum sebanyak dua kali sehari.

  1. Pengendali kolesterol

Untuk mengatur komposisi kolesterol jahat dan baik di dalam tubuh, bisa dengan mengkonsumsi ramuan daun ceri ini. caranya, rebus 1-2 genggam daun ceria tau kersen segar dengan tiga gelas air. Biarkan mendidih sampai hanya tersisa satu gelas saja. Minum ramuan ini secara rutin sebanyak tigal kali dalam sehari.

Dengan mengetahui manfaat daun ceri di atas, jelaslah kalau tanaman liar yang biasa tumbuh di pinggir jalan itu penting bagi kesehatan dan pengobatan. Selain buahnya biasa diburu oleh anak-anak dan burung, sekarang juga diburu oleh orang dewasa untuk kesehatan tubuhnya.

TAG

manfaat daun ceri,khasiat daun ceri,manfaat daun cery,daun ceri,kasiat daun ceri,Khasiat daun cery,kegunaan daun ceri,manfaat daun ceri untuk kesehatan,manfaat daun cheri,manpaat daun ceri

LINK SPONSOR

loading...

Artikel Terkait

Khasiat dan Manfaat Daun Ceri Untuk Kesehatan | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5