Khasiat Manfaat Daun Andong Untuk Obat Tradisional

Khasiat Manfaat Daun Andong Untuk Obat Tradisional – Tak hanya cantik penampilan daunnya, tapi manfaat daun andong atau hanjuang juga tak kalah cantiknya. Apa sajakah itu? Dimulai dari diare, TBC, obat wasir, batuk berdarah, kencing berdarah, atasi haid tak lancar, sembuhkan radang gusi, penawar racun hewan berbisa, dan obat disentri. Beragam khasiat tersebut berkat adanya senyawa-senyawa bersifat farmakologis yang terkandung di dalam daun tersebut.

Senyawa-senyawa penting yang berperan besar dalam pengobatan, antara lain: flavonoid, tannin, polifenol, saponin, timidine, steroida, polisakarida, zat besi, dan kalsium oksalat. Daun andong itu sendiri bersifat antibakteri, antiproliteratif, antikoagulan, mendinginkan, dan terasa sedikit manis. Akar andong mengandung pati yang bisa sebagai bahan dasar obat-obatan dan makanan.

manfaat daun andong

Manfaat Daun Andong

Manfaat daun andong atau hanjuang

Advertisement
  1. Obat wasir

Salah satu pencetus munculnya penyakit wasir yaitu penerapan pola makan tak sehat. Biasanya karena asupan makanan yang masuk kurang serat sehingga timbul gangguan pencernaan. Caranya, siapkan 7 lembar daun wungu, 3 lembar daun andong segar. Potong-potong kedua daun tersebut, lalu direbus dengan air sebanyak 3 gelas sampai tinggal 2 gelas. Minum secara rutin tiap hari sampai sembuh.

  1. Pereda batuk berdarah

TBC disebabkan oleh infeksi bakteri di saluran pernapasan. Ramuan untuk sakit TBC sebagai berikut: ambil daun andong merah dan bunganya, lalu dijemur sampai kering. Lalu dicuci sampai bersih, rebus sampai mendidi. Ramuan ini diminum selagi hangat sebanyak 3 Menyembuhkan kencing berdarah

  1. Memperlancar haid

Daun andong merah bagus untuk memperlancar haid tak teratur sekaligus meredakan pendarahan yang berlebihan. Cara membuat ramuan: rebus akar dan daun andong di dalam panci tanah sampai mendidih. Minum air setelah terasa dingin sebanyak 2 kali sehari.

  1. Menyembuhkan radang gusi

Caranya, kulit daun andong dihaluskan, lalu dicampur dengan garam sedikit. Selanjutnya dioleskan ke bagian gusi yang membengkak dan mengurangi rasa nyeri.

  1. Penawar racun hewan berbisa

Sebagai penawar racun hewan berbisa seperti serangga buat ramuan berikut ini. Tumbuk daun andong merah, lalu dipanaskan dengan api kecil. Campur dengan garam, lalu tapalkan ke kulit yang tergigit serangga berbisa. Ramuan ini diganti tiap 3 kali dalam sehari.

  1. Obat disentri

Cara membuat ramuan: siapkan 15 gram akar andong atau 90 gram daun andong kering. Rebus akar atau daun dengan 3 gelas air sampai hanya tersisa segelas saja. Minum air ini sebanyak 3 kali sehari, masing-masing 1/3 gelas.

Cantik, elok, ampuh, itulah yang pantas disematkan pada tanaman andong setelah mengetahui manfaat daun andong di atas.

TAG

daun andong,manfaat daun andong,kasiat daun andong merah,Khasiat daun andong,daun and,kasiat daun andong hijau,daun endon,daun andong pengobat batuk,daun andong merah,daun andong dan cara membuatnya

LINK SPONSOR

loading...

Artikel Terkait

Khasiat Manfaat Daun Andong Untuk Obat Tradisional | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5