6 Manfaat Beras Merah untuk Kesehetan Tubuh

Manfaat Beras Merah untuk Kesehetan Tubuh – Beras merah adalah makanan yang sudah sangat populer sebagai makanan pembantu diet. Namun selain itu masih banyak manfaat beras merah. Apa saja? Artikel ini akan membahasnya. Sebelum ketahui apa saja manfaatnya, Anda bisa ketahui dulu apa kandungan yang ada di dalamnya sehingga punya banyak manfaat. Berikut ini pembahasan tentang kandungan tersebut.

manfaat-beras-merah

Advertisement

Sama seperti beras biasa, beras ini juga bisa memberikan sumber energi tapi berbeda dibandingkan sumber karbohidrat yang lain. Zat yang membuatnya lebih baik dibandingkan nasi biasa atau sumber karbohidrat yang lain adalah adanya karbohidrat kompleks.

Jika Anda memakan 1,5 cangkir beras merah per harinya maka tidak akan mendapatkan kalori lebih dari 110 persen. Makanya kenapa berat badan yang mengonsumsinya bisa tetap terjaga. Kandungan lain yang dimiliki adalah serat sebanyak 7 persen dari jumlah yang diperlukan bagi orang yang diet 2000 kalori.

Lalu ada juga karbohidrat sebanyak 85 persen, magnesium, fosfor, juga kalsium yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang. Kalium yang berfungsi menyeimbangkan fungsi dan cairan pada jantung. Terakhir ada vitamin B.

Manfaat dari Beras Merah

Berikut ini apa saja manfaat beras merah yang dapat dirasakan bagi para pengonsumsinya.

  • Mencegah kanker

Untuk melakukan tugas ini  polifenol dan selenium yang bisa melakukannya. Dua zat itu bisa mencegah terjadinya kanker usus besar. Ada juga antioksidan dan serat yang bisa bantu mencegah tubuh dari macam-macam kanker karena radikal bebas.

  • Jaga kesehatan tulang

Ini penting sekali untuk semua orang, apalagi orang yang sudah semakin tua. Magnesium dalam beras merah lah yang bisa membuat kesehatan gigi dan tulang terjaga.

  • Cegah penyakit batu empedu

Untuk mencegah penyakit batu empedu, serat sangat dibutuhkan. Inilah yang banyak terdapat di beras merah. Serat adalah zat yang mudah untuk dicerna jadi mampu melarutkan sisa makanan.

  • Turunkan kolesterol jahat

Kolesterol jahat dapat diturunkan apabila kolesterol baik ditingkatkan. Contoh penyakit yang terjadi karena kolesterol jahat adalah diabetes. Orang diabetes harus dipantau asupan nasinya jika makan nasi biasa tapi jika mengonsumsi beras merah tidak perlu terlalu khawatir. Jadi jika ingin tetap makan nasi meski terserang penyakit ini, ganti nasi putih dengan nasi merah.

olahan-beras-merah-untuk-kesehatan

  • Menyehatkan pencernaan

Untuk menyehatkan pencernaan, seseorang harus mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Perlu Anda ketahui, beras merah mempunyai serat yang sangat banyak.

  • Turunkan berat badan

Ini dia manfaat paling populer, banyak orang yang telah membuktikannya. Mereka yang selalu mengonsumsi beras ini tidak rentan terhadap kegemukan. Karbohidrat kompleks dalam beras merah bisa membuat energi tersuplai secara berkala jadi perut akan lama merasakan lapar.

Manfaat untuk Diet

Menurut penelitian ini memang benar, menurunkan berat badan akan sangat mudah jika mengonsumsi makanan ini. Beras merah adalah salah satu jenis biji-bijian jadi bisa membuat lemak tubuh menurun. Menurut penelitian lagi, orang yang diet dengan makanan rendah kalori, contohnya biji-bijian ini bisa menurunkan berat badan lebih banyak daripada yang tidak.

Meski kebanyakan orang Indonesia menilai beras ini tidak enak tapi nyatanya beras merah menjadi makanan yang cukup populer. Di kebanyakan rumah makan khas Sunda menyajikannya dan jadi menu andalan. Apakah Anda juga suka dengan beras merah? Jika tidak suka pun harus coba mengonsumsinya karena ada banyak sekali manfaat beras merah.

Semoga artikel dan informasi yang disampaikan di sini bermanfaat untuk Anda. Siapa tahu memang Anda sedang atau akan membutuhkan informasinya.

LINK SPONSOR

loading...

Artikel Terkait

6 Manfaat Beras Merah untuk Kesehetan Tubuh | Khisma Nisa Yuniar | 4.5