Manfaat Daun Beluntas Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Beluntas Untuk Kesehatan dan Kecantikan – Manfaat daun bluntas (Pluchea indica) yang diketahui oleh para peneliti dari hari ke hari semakin banyak. Sebut saja mulai dari anti-inflamasi, gastroprotektif, antioksidan, CNS depresan, membantu pengeluaran insulin, membantu pengobatan kanker, mengobati gigitan nyamuk dan ular, dan pelindung hati. Daftar khasiat tersebut akan semakin bertambah seiring ditemukan zat-zat dan senyawa-senyawa yang terkandung di dalamnya.

Zat-zat yang terkandung di dalam daun beluntas, antara lain: senyawa fenol, asam fenol, flavonoid, tannin, fenil propanoid, kalkhon, sesquiterpenoid, lignin glicosida, triterpenoid, dan monopterpena. Semuanya merupakan senyawa-senyawa yang berkhasiat obat dan mendukung sistem imunitas tubuh.

manfaat daun beluntas

Manfaat Daun Beluntas Untuk Kesehatan

Manfaat daun bluntas untuk pengobatan dan kesehatan

  1. Anti-inflamasi

Ekstrak akar beluntas memperlihatkan aktifitas menghambat secara signifikan terhadap senyawa-senyawa penyebab radang sendi seperti histamine, serotonin, carrageenin, dan natrium.

  1. Antimikroba

Ekstrak daun beluntas tuntas mematikan bakteri E. colii dan K. pneumonia penyebab diare dan infeksi organ dalam lainnya seperti infeksi saluran kemih.

Advertisement
  1. Gastroprotektif

Ekstrak akar beluntas juga menunjukkan aktifitas antiulcer yang berarti ada aktifitas perlindungan secara signifikan terhadap senyawa-senyawa penyebab radang di lambung seperti asam asetilsalisilat dan serotonin.

  1. Antioksidan

Ekstrak akar beluntas memperlihatkan aktifitas anti-inflamasi. Mampu menghambat senyawa radikal hidroksil, superoksida, aktifitas dioksigenase, dan peroksidasi lipid.

  1. CNS depresan

Hasil percobaan penggunaan ekstrak akar pada hewan percobaan menunjukkan adanya aksi depresan kuat terhadap sistem saraf pusat. Hal ini dapat dilihat dari perubahan pola perilaku, lama durasi tidur, menekan perilaku agresif, dan penurunan motilitas spontan.

Khasiat di atas sudah terbukti melalui penelitian empiris yang dilakukan oleh para ahli fitokimia. Manfaat-manfaat lainnya yang sudah banyak dirasakan orang, antara lain: membantu produksi insulin pada penderita diabetes, membantu pengobatan kanker, membantu pengobatan dari gigitan nyamuk dan bisa ular, melindungi organ hati dari kerusakan.

Manfaat daun beluntas diketahui memang berkhasiat obat karena adanya kandungan zat-zat seperti alkaloid, natrium, minyak atsiri, tannin, kalsium flavonoid, fosfor, dan magnesium. Bagian akar kaya kandungan flavonoid dan tannin. Rasa daun beluntas beraroma khas, getir, dan menyegarkan. Biasanya orang-orang desa menyantap daunnya sebagai lalapan atau dikukus. Lalapan daun beluntas bisa meningkatkan nafsu makan, peluruh keringat, penghilang bau badan dan mulut, memperlancar sistem pencernaan. Selama dikonsumsi dalam batas-batas kewajaran, daun beluntas aman-aman saja dan tak memberi efek samping apapun. Bila tak suka dilalap, bisa direbus, dibuat seduhan seperti pada teh herbal.

TAG

manfaat daun beluntas untuk kecantikan,manfaat daun beluntas untuk wajah,khasiat daun beluntas untuk kecantikan,khasiat daun beluntas untuk kulit,manfaat daun beluntas untuk kulit

LINK SPONSOR

loading...

Artikel Terkait

Manfaat Daun Beluntas Untuk Kesehatan dan Kecantikan | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5