Manfaat Minyak Cengkeh Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Manfaat Minyak Cengkeh Untuk Mengobati Berbagai Penyakit – Beragam manfaat minyak cengkeh yang bisa kita peroleh, antara lain: antivirus, antimikroba, antijamur, antiseptic, dan afrodisiak. Dengan sifat yang seperti ini, minyak esensial bisa mengobati aneka macam penyakit, seperti sakit gigi, batu, asma, gangguan pencernaan, sakit kepala, darah kotor, dan stress. Pemakaian minyak cengkeh yang umum di masyarakat, yaitu merawat gigi dan mulut. Cengkeh kaya mineral, antara lain; asam klorida, kalsium natrium zat besi, kalium, vitamin A, dan vitamin C.

manfaat minyak cengkeh

Minyak cengkeh

Berikut ini beberapa manfaat minyak cengkeh, antara lain:

Advertisement
  1. Mencegah infeksi

Minyak cengkeh bersifat antiseptic yang ampuh mengobati berbagai penyakit infeksi seperti kudis, infeksi jamur, memar, gigitan serangga. Pemakaiannya harus diperhatikan untuk kulit sensitive.

  1. Merawat gigi

Minyak cengkeh bersifat anti-kuman yang juga efektif meredakan rasa sakit gigi, gusi, dan sariawan. Senyawa eugenol merupakan salah satu senyawa yang dipakai dokter gigi untuk atasi berbagai penyakit gigi. Caranya, cukup kumur-kumur minyak cengkeh yang diencerkan dengan air.

  1. Merawat kulit

Pemakaian minyak cengkeh untuk merawat kulit memang dianjurkan. Terutama bagi mereka yang memiliki masalah jerawat. Caranya, minyak diencerkan dengan air, lalu dioleskan dengan memakai kain bersih. Efeknya bisa mengurangi penuaan, kulit mengendur, meremajakan kulit, memperlancar sirkulasi darah.

  1. Mengatasi stress

Karena minyak cengkeh bersifat afrodisiak alami, ia memiliki efek menstimuli pikiran dan melenyapkan kelelahan mental. Meminum minyak cengkeh dosis tepat akan menyegarkan pikiran, mengobati gangguan syaraf seperti depresi dan cemas.

  1. Sakit kepala

Minyak cengkeh plus sedikit garam, lalu dioleskan ke dahi akan memberikan efek mendinginkan dan meredakan sakit kepala. Hal ini berkat senyawa flavonoid yang bersifat anti-inflamasi.

  1. Gangguan pernapasan

Minyak cengkeh adalah minyak esensial yang bersifat mendinginkan dan anti-inflamasi sehingga bisa dipakai untuk membersihkan rongga hidung. Sifat ini juga membantu mengatasi gangguan pernapasan seperti flu, batuk, asma, sinusitis, bronchitis, dan TBC.

  1. Mual

Minyak cengkeh akan meredakan rasa mual dan muntah. Sangat baik untuk mengatasi ketidaknyamanan saat morning sicknes bagi ibu hamil. Bagus juga untuk aromaterapi.

Segudang manfaat minyak cengkeh tersebut, pantas kiranya ia dijuluki si raja obat. Maklum, cengkeh termasuk salah satu jenis rempah-rempah yang jadi komoditas internasional. Kegunaan dan manfaatnya memang benar-benar manjur untuk mengobati berbagai penyakit. Untuk pemakaian minyak cengkeh harus sesuai takaran karena termasuk minyak kuat. Sebaiknya mengikuti anjuran dari resep dokter.

TAG

manfaat minyak cengkeh,Apa minyak cengkeh bisa tuk obat jamur kulit,cengkeh untuk pengobatan penyakit,khasiat minyak cengkeh,manfaat minyak cengkeh untuk flu,manfaatminyakcengkeh

LINK SPONSOR

loading...

Artikel Terkait

Manfaat Minyak Cengkeh Untuk Mengobati Berbagai Penyakit | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5