Manfaat Senam Otak Untuk Anak dan Lansia

Manfaat Senam Otak Untuk Anak dan Lansia – Senam otak merupakan serangkaian olah gerak menggunakan seluruh anggota organ tubuh yang berperan untuk menjaga kesehatan otak. Hal ini karena otak adalah bagian tubuh yang berperan sebagai pusat sistem koordinasi untuk semua organ-organ tubuh dan memiliki hubungan dengan intelegensia maupun kecerdasan seseorang. Salah satu manfaat senam otak (brain gym) yaitu selalu terus-menerus meningkatkan kecerdasan otak.

manfaat senam otak

Manfaat Senam Otak

Dari sudut pandang fungsi, otak tersusun atas dua belahan yaitu otak belahan kanan dan otak belahan kiri. Kedua belahan ini seolah-olah memiliki struktur tiga dimensi yang saling berkaitan. Otak belahan kiri berperan dalam hal-hal yang berkaitan logika rasio seperti kemampuan berhitung, membaca, dan menulis. Sedangkan otak belahan kanan berperan dalam hal-hal yang berkaitan dengan sosialisasi, hubungan antar manusia, pengendalian emosi, dan berkomunikasi. Pada belahan otak kanan inilah adanya kemampuan intuitif, cipta rasa, saliang kepaduan, dan ekspresi tubuh (melukis, bernyanyi, menari). Pengoptimalan seluruh bagian-bagian otak ini akan membuat fungsi otak tetap teroptimalkan. Namun, tak semua orang bisa melakukan pengoptimalan peran ini. Untuk itulah perlu menerapkan senam otak.

Advertisement

Berikut ini manfaat senam otak yang bisa kita rasakan, antara lain:

  1. Mampu menyeimbangkan kerja otak belahan kanan dan belahan otak kiri
  2. Meningkatkan daya ingat dan lebih fokus.
  3. Relaksasi dan mengendurkan otot
  4. Menumbuhkan kepercayaan diri secara proporsional.
  5. Mampu mengelola manajemen waktu dengan baik
  6. Mampu mengatasi trauma akibat suatu kejadian yang mengerikan seperti bencana alam, kecelakaan, dll.
  7. Memperlambat proses kepikunan

Untuk melakukan latihan senam otak, cukup 10-15 menit setiap sesi latihan dengan frekuensi 2-3 kali per hari. Ada juga yang menganjurkan, senam otak cukup dilakukan 2-5 menit dalam setiap sesi latihan. Senam otak ini bisa dilakukan olej orang dewasa maupun anak kecil. Bila kebiasaan senam otak dilakukan sejak kecil, niscaya si anak mampu mengoptimalkan tingkat kecerdasan otak kanan dan otak kiri.

Itulah sederetan manfaat senam otak yang bisa kita peroleh. Sudah banyak yang merasakan dampak positifnya setelah melakukan senam otak seperti ini. Misalnya saja gerakan telapak tangan kanan di atas kepala, sedangkan telapak tangan kiri menempel di perut, merentangkan dua tangan di depan dada, duduk sambil kedua tangan berada di atas paha. Contoh gerakan-gerakan tersebut sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh semua orang. Silahkan Anda mencobanya.

TAG

senam otak untuj lansia,senam otak untuk lansia

LINK SPONSOR

loading...

Artikel Terkait

Manfaat Senam Otak Untuk Anak dan Lansia | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5