6 Manfaat Soda Api dan Cara Penggunaannya

Manfaat Soda Api dan Cara Penggunaannya – Anda pasti sudah pernah mendengar nama bahan kimia soda api. Soda api punya banyak sekali manfaat untuk tugas-tugas rumah tangga juga proses industri. Ingin tahu apa saja manfaat soda api? Artikel ini akan membahasnya juga cara penggunaannya.

Soda Api untuk Kebutuhan Industri

Bahan kimia ini lebih banyak digunakan di konstruksi dan industri. Sifatnya sangat keras dan korosif, rasanya akan perih juga panas jika terkena kulit. Maka harus menggunakan sarung tangan untuk pencegahan. Tangan juga harus segera dibasuh menggunakan air mengalir. Apa saja manfaat soda api? Di bawah ini pembahasannya.

manfaat-soda-api

Bersihkan Saluran Pipa

Kadang kala saluran pipa menjadi tersumbat karena kotoran juga noda kerak yang menumpuk. Jika hal ini terjadi maka air tidak mengalir. Untuk melakukan hal ini cara menggunakan soda api cukup mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Siapkan sikat kemudian celupkan pada larutan.
  • Masukan sikat tersebut secara perlahan-lahan ke dalam pipa lalu gosok-gosok secara bertenaga.
  • Lakukan terus sampai kerak serta noda yang ada di dalam pipa rontok dan keluar.
  • Jika sudah selesai, jangan lupa untuk membersihkan pipa menggunakan sabun. Jemur pipa itu seharian penuh supaya sisa dari soda apinya menguap sendiri, dan bersih agar tidak bahaya.

Mudah bukan?

Menghilangkan Karat

Kebanyakan orang berpikiran bahwa karat sangat sulit untuk dihilangkan. Padahal caranya mudah saja, ya gunakan soda api ini. Sebelum mulai mengerjakan, Anda butuh menyiapkan berbagai peralatan. Sebut saja, kacamata, sarung tangan karet, lap kain berbahan katun, dan kuas.

Advertisement

soda-api-untuk-hilangkan-karat

Cara melakukannya sebagai berikut.

  • Gunakan soda api cair kemudian tuang dalam wadah dari kaleng dan besi. Celupkan kuas ke dalamnya sedikit sedikit.
  • Oleskan pada bagian yang berkarat secara perlahan lalu tunggu hingga 10 menit atau sampai bagian yang berkarat meleleh. Jika perlu, ulangi sampai bersih.
  • Bilas memakai sabun dan air yang mengalir kemudian lap sampai kering.
  • Jika sudah selesai, letakkan soda api di tempat dengan suhu ruangan. Pastikan tidak dekat dengan benda yang dilapisi cat juga anak-anak.

Merontokkan Cat

Manfaat soda api lainnya yaitu merontokkan atau menghilangkan cat. Soda api memang bahan yang sudah umum digunakan pada bengkel khusus cat. Ini bisa Anda pakai untuk merontokkan cat kendaraan yang ingin dicat ulang.

Pada bagian yang akan dihapus catnya, soda api akan dioleskan selajutnya dikerok. Jadi, semua cat rontok secara sempurna.

Nanti, bidang yang akan dicat dihaluskan dulu. Setelah itu barulah bisa dilakukan repaint. Jika Anda melakukan hal ini sendiri jangan lupa untuk menyimpan di tempat yang aman. Jauhkan dari kendaraan dan barang lain karena nanti bisa merusak lapisan catnya.

Bersihkan Noda di Barang Stainless dan Besi

Jika barang stainless dan besi Anda mempunyai kerak dan noda maka manfaatkan soda api. Caranya sama seperti untuk membersihkan karat yang sudah diberitahu di atas.

Produksi Non Industri Baja dan Besi

Industri yang tidak berhubungan dengan besi dan baja juga bisa menggunakan bahan ini. Sebut saja, pembuatan kertas, sabun, tekstil, bubur kayu, dan detergen.

Itu dia apa saja manfaat soda api, ada lumayan banyak kan? Namun, Anda harus berhati-hati karena meski sudah diketahui berbahaya dan hanya bisa digunakan untuk kegiatan tertentu, masih ada beberapa perusahaan yang mencampurkan bahan ini pada sesuatu yang tidak umum. Contohnya kosmetik. Semoga yang disampaikan di sini bermanfaat untuk Anda.

TAG

Kegunaan soda api,cara menggunakan soda api cair,cara menggunakan soda api kristal,manfaat soda api,soda api cair,cara menghilangkan karat dengan soda api,cara membersihkan karat dengan soda api,fungsi soda api cair,kegunaan soda api di cet,cara membersihkan benda dari soda api

LINK SPONSOR

loading...

Artikel Terkait

6 Manfaat Soda Api dan Cara Penggunaannya | Khisma Nisa Yuniar | 4.5