Penyebab dan Cara Mengatasi Kurang Darah (Anemia)

Penyebab dan Cara Mengatasi Kurang Darah (Anemia) – Penyakit kekurangan darah (anemia) mengakibatkan gangguan aliran darah merah dan kandungan oksigen dalam darah sehingga dapat membuat anda merasa mudah lelah. Pengetahuan tentang penyebab dan cara mengatasi kurang darah perlu diperhatikan sehingga dapat mencegah dan mengatasi anemia dengan baik.

Kekurangan darah (anemia) merupakan kondisi kadar hemoglobin dalam darah merah tubuh yang kurang dari standar normal. Hemoglobin ini bertugas mengikat oksigen dari paru-paru yang akan disebar ke seluruh tubuh. Kekurangan darah ini membuat tubuh anda cepat lelah, lidah dan kelopak mata pucat, pusing, merasa gelisah, rambut rontok dan terkadang sesak nafas. Sebelum itu terjadi, maka anda harus tahu penyebab dan cara mengatasi kurang darah atau anemia sebagai pencegahan dan penanganan jika kekurangan darah ini dialami oleh keluarga atau anda sendiri.

Advertisement

Penyebab dan Cara Mengatasi Kurang Darah (Anemia)

Penyebab dan Cara Mengatasi Kurang Darah (Anemia)

Kekurangan darah terjadi ketika produksi sel darah merah sedikit, berapa penyebabnya dan cara mengatasinya adalah:

  1. Zat Besi dalam Tubuh

Penyebab dan cara mengatasi kurang darah yang pertama adalah keadaan dan ketersediaan zat besi dalam tubuh. Zat besi merupakan bahan utama dalam pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Gangguan Zat besi seperti defisiensi zat besi, kekurangan kandungan zat besi dalam makanan, dan penyerapan zat besi yang kurang optimal dapat menyebabkan anemia.

Cara Mengatasi: konsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi seperti daging merah, ayam, ikan, kacang, sayur hijau gelap.

  1. Kerusakan Sel Darah Merah

Kerusakan dapat diakibatkan polusi asap rokok, kendaraan, makan dan minum yang tidak sehat dan menurunnya kadar anti-oksidan.

Cara mengatasi: Hindari penyebab kerusakan sel, pertahankan antibodi dalam tubuh, makan makanan yang sehat, istirahat yang cukup dan lainnya.

  1. Gangguan Sum-sum Tulang

Sum-sum tulang merupakan tempat pembentukan sel darah merah. Jadi gangguan pada daerah ini dapat menjadi salah satu penyebab kekurangan darah.

Cara mengatasi: pastikan adanya gangguan ini dengan dokter, sehingga dapat diobati secara langsung.

  1. Kehilangan Banyak Darah

Kehilangan banyak darah dapat diakibatkan banyak hal seperti kecelakaan, pendarahan pasca melahirkan, menstruasi.

Cara mengatasi: dengan transfusi darah, mengkonsumsi makanan yang meningkatkan produksi sel darah merah seperti sayuran hijau, bayam duri.

  1. Kekurangan Asam Folat

Penyebab dan cara mengatasi kurang darah (Anemia) yang selanjutnya adalah akibat kekurangan asam folat. Penyebab ini biasa dialami oleh ibu hamil, saat hamil ibu akan membutuhkan asupan gizi lebih besar salah satunya adalah asam folat karena saat hamil semua kandungan dibagi menjadi dua dengan janin.

Cara mengatasi: Konsumsi makanan yang mengandung banyak asam folat seperti pisang, kacang-kacangan, jeruk, sereal dan lain sebagainya.

  1. Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 ini berperan dalam pembentukan sel darah merah, membantu sistem saraf dan otak, serta metabolisme tubuh. Sehingga kekurangan vitamin B12 dapat menjadi penyebab kekurangan darah.

Cara Mengatasi: Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin B12 seperti: kacang hijau, daging, susu, ikan sarden dan lainnya.

Semoga informasi tentang penyebab dan cara mengatasi kurang darah (Anemia) dapat membantu mengatasi masalah kekurangan darah anda

TAG

cara mengatasi kurang darah,penyebab kurang darah,mengatasi kurang darah,penyebab kurang darah dan solusinya,cara mengatasi kekurangan darah,solusi kurang darah,cara mengatasi kurang darah merah,cara mengobati kurang darah,cara menangani kurang darah,cara atasi kurang darah

LINK SPONSOR

loading...

Artikel Terkait

Penyebab dan Cara Mengatasi Kurang Darah (Anemia) | Balqish Annur Qaishah | 4.5