Resep Cara Membuat Semur Jengkol Empuk

Cintamela.com – Jengkol merupakan buah asli Indonesia, semua orang Indonesia pasti mengenal buah yang satu ini. Siapa yang pernah makan jengkol? Hayo… ngaku aja deh ladies gak usah muna, hehe. Buat Kamu yang belum pernah ngerasain semur Jengkol pasti nyesel deh, pasalnya semur jengkol itu enak loh, kalau tidak percaya Kamu bisa coba bikin sendiri dirumah dengan mudah kok, dan yang pasti tanpa ketahuan orang, ikuti aja caranya seperti dibawah ini.

resep membuat semur jengkol

Bahan-bahan Yang Harus Di Siapin Buat Bikin Semur Jengkol

  • Yang pasti siapkan jengkol, minimal 10 biji yah
  • 1 buah Tomat
  • 4 Gelas air putih bersih ya
  • Kecap manis dengan 5 sendok makan

Siapkan juga bahan-bahan untuk bumbu halusnya

  • 3 buah kemiri
  • Ketumbar cukup 1 sendok teh
  • bawang putih 5 siung aja
  • 3 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Gula
  • Merica
  • Oia satu lagi 4 cabai merah biar lebih hot

Perhatikan Cara membuat semur Jengkolnya seperti ini :

1. Pertama Kamu harus menggoreng jengkolnya hingga kulit jengkol mengelupas, setelah itu angkat dan tiriskan minyaknya, potong Jengkol menjadi 2 bagian, terus dikeprek, tahukan dikeprek? Kemudian potong Tomat yang sudah disiapkan menjadi delapan.

Advertisement

2. Nah sekarang, Bahan-bahan bumbu halus yang sudah disiapkan tadi di ulek terus sampai halus, lalu tumis bumbunya. Setelah itu masukkan Jengkol yang sudah dikeprek tadi dan tomat yang sudah dipotong menjadi 8 tadi. Tuang air dan biarkan hingga mendidih

3. Setelah dioseng-oseng saatnya tambahkan kecap, lalu kecilkan apinya. Tutup wajan dan tunggu hingga jengkol terasa empuk dan kuahnya mengental.

4. Misalkan Kuahnya udah kental tapi Jengkolnya belum empuk, tambahkan lagi deh airnya 1 cangkir air panas.

5. Lalu masak sampai Jengkolnya empuk dan kuahnya sudah kental, patokannya Jengkol harus empuk ya Ladies. Kalu sudah, angkat deh dan sajikan bersama keluarga.

Selamat berbau-bau jengkol bersama keluarga ya Ladies. hehe dan jangan lupa bagikan ke teman-temanmu
baca juga yang ini : Resep Cara Membuat Udang Bakar Madu

TAG

resep semur jengkol,semur jengkol,cara membuat semur jengkol,Cara memasak semur jengkol,bumbu semur jengkol,cara bikin semur jengkol,Cara masak semur jengkol,resep semur jengkol empuk,cara buat semur jengkol,resep membuat semur jengkol

LINK SPONSOR

loading...

Artikel Terkait

Resep Cara Membuat Semur Jengkol Empuk | Balqish Annur Qaishah | 4.5

Leave a Reply